BERITA

Rumah Makan di Kota Jambi Manfaatkan Gas Kota Pertamina

  • Senin, 28 Januari 2019

Jambi – Pemanfaatan jaringan gas kota di Kota Jambi terus berkembang pesat. Mulai Senin (28/01), Rumah Makan Padang Pagi Sore di Telanaipura mulai menggunakan jaringan gas kota PT Pertamina (Persero) untuk keperluan memasak. Rumah Makan ini menjadi rumah makan pertama di Jambi yang masuk dalam kategori pelanggan kecil untuk menggunakan energi jaringan gas kota.
Jaringan gas kota Jambi beroperasi pertama kali pada tahun 2015 sebanyak 4.000 Sambungan Rumah Tangga (SR) yang dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Kelurahan Handil Jaya dan The Hok. Selanjutnya PT Pertamina (Persero) melakukan pengembangan jaringan untuk rumah tangga sebanyak 1.074 SR. Pengoperasian dan pengelolaan jaringan gas kota dilakukan oleh afiliasi PT Pertamina (Persero), PT Pertagas Niaga (PTGN) dan bekerjasama dengan BUMD Jambi Indoguna Internasional (JII). Melihat jaringan gas kota memiliki banyak keuntungan terutama efisiensi biaya serta mudahnya pengoperasiannya, sejumlah rumah makan yang masuk dalam kategori Pelanggan Kecil berminat untuk menggunakan energi gas alam ini untuk keperluan memasaknya. “Jaringan gas kota di Kota Jambi ini berkembang tak lepas dari kooperatifnya pelanggan dalam menjaga dan memanfaatkan jargas serta kedisplinan dalam membayar tagihan bulanan. Ini menjadi faktor penting bagaimana jaringan gas kota dapat berkembang sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat,” jelas President Director PTGN, Linda Sunarti.
Dalam waktu dekat, menyusul RM Sederhana, RM Pujasera, RM Pondok Kelapa, Pabrik Roti Saimen, Pabrik Roti Cristine, RS Siloam dan beberapa RM serta industri pelanggan kecil akan memanfaatkan gas alam. Dengan harga gas Rp 7.191/m3, pelanggan kecil dapat merasakan efisiensi serta mendorong pemanfaatan jaringan gas kota sebagai energi bersih yang murah dan mudah.