BERITA

Warga Kutai Kartanegara Nikmati Manfaat Jaringan Gas Kota

  • Selasa, 10 Maret 2020

Kutai Kartanegara- Warga Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur akhirnya mulai dapat merasakan manfaat jaringan gas kota. Selasa (10/03) sekitar 100 orang perwakilan warga penerima manfaat jaringan gas kota mengikuti sosialiasi pemanfaatan jaringan gas kota di kantor Desa Gas Alam, Kutai Kartanegara. Dalam sosialiasi ini diterangkan mengenai bagaimana cara memanfaatkan jaringan gas kota secara aman serta prosedur pembayaran tagihan tiap bulannya.
Jaringan gas kota adalah program yang digagas Ditjen Migas, Kementerian ESDM guna mengurangi subsidi BBM dan LPG dengan cara memanfaatkan gas alam sebagai sumber energi untuk dimanfaatkan langsung oleh masyarakat. Dengan pemanfaatan jaringan gas kota, masyarakat Kutai Kartanegara bisa mendapatkan akses energi bersih yang aman, praktis dan lebih ekonomis. Kementerian ESDM melalui APBN 2019 membangun 5000 Sambungan Rumah tangga (SR) yang tersebar di Desa Badak Baru, Tanjung Limau, Gas Alam, Muara Badak Ilir dan Muara Badak Ulu. Gas diperoleh dari sumur PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga dengan alokasi volume 0,2 Million Standard Cubic Feet Per Day (MMSCFD). “Salah satu keuntungan jargas adalah pelanggan kini dapat memperoleh gas 24 jam. Kami berharap masyarakat Kukar bisa disiplin membayar tagihan tepat waktu sehingga operasional jargas berjalan lancar,” jelas President Director Pertagas Niaga, Linda Sunarti dalam keterangan pers tertulisnya.
Kabupaten Kutai Kartanegara adalah wilayah kelima di Provinsi Kalimantan Timur yang menerima manfaat jaringan gas kota. Sebelumnya Bontang, Balikpapan, Samarinda dan Penajam Paser Utara telah lebih dahulu merasakan manfaat jargas yang dioperasikan oleh Pertagas Niaga. “Dengan telah beroperasinya jargas di Kukar, pelanggan diminta bisa menjaga infastruktur jargas yang ada di lingkungannya. Apabila ada masalah masyarakat bisa menghubungi Call Center Pertamina di 1-500000,” tutup Linda.