BERITA

Work Fun Home

  • Jumat, 4 Desember 2020

Work From Fun Home

Oleh: Irfan Fahmi


Dunia saat ini sedang dihebohkan dengan pandemi Corona Virus Disease 2019 atau disingkat COVID-19 dimana ini adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, salah satu jenis corona virus. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau mungkin bersin-bersin walaupun lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan sehingga dapat menyebabkan kematian. Work From HomeSchool From Home, dan Pray From Home adalah hal yang disarankan oleh pemerintah Indonesia untuk mencegah penularan virus Covid-19 ini.

Sejumlah 3.711 perusahaan pada bulan April 2020 yang beroperasi di DKI Jakarta dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.021.594 orang melakukan WFH pada awal pandemi Covid-19 dan jumlahnya terus bertambah sesuai laporan yang dimuat pada Liputan6.com, (18/4/2020).

PT Pertagas Niaga (PTGN) termasuk perusahaan yang mendukung kebijakan pemerintah pusat dan daerah tersebut, Sebanyak 75% pekerja PTGN telah melakukan kegiatan WFH dari mulai awal pandemi hingga hari ini.

WFH sebagai budaya baru dalam melakukan sebuah aktifitas bekerja menuntut perubahan perilaku setiap pekerja. Keluhan seperti stres, tidak bisa konsentrasi dalam bekerja, target pekerjaan tidak tercapai, bahkan perasaan hilangnya waktu untuk beristirahat karena bekerja tanpa waktu yang jelas atau bahkan pertikaian dalam keluarga dapat terjadi jika kita tidak mampu me-manage dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru ini.

Untuk itu pada kesempatan kali saya akan mengajak para Perwira Pertagas Niaga untuk membahas lebih dalam mengenai bagaimana melakukan WFH yang bahagia atau saya lebih senang menyebutnya Work Fun Home.  Berikut 10 tips yang dapat dilakukan untuk membuat Work From Home menjadi Work Fun Home :

1. Perhatikan Waktu Kerja dan Rutinitas Selama Work From Home

Harus diakui sangat sulit untuk melakukan pekerjaan pada ruang kerja batasan seperti fasilitas dan area kerja dalam waktu yang cukup lama. Maka perlu dilakukan perencanaan detail kegiatan kita setiap waktu dengan memperhatikan workload (beban kerja). Pastikan beban kerja kita masih dapat diatur. Apabila beban kerja sudah melebihi kemampuan kita maka beritahu atasan dan tim sehingga dapat dicarikan jalan keluar

2. Pisahkan Waktu Bekerja dan Waktu Pribadi

Ini adalah hal yang sering dikeluhkan oleh beberapa karyawan dibeberapa perusahaan dimana ketika dilakukan kebijakan WFH maka jam kerja menjadi tidak jelas kapan harus berhenti dan kapan harus memulai. Sebaiknya buat komitmen dan kesepakatan dengan tim ataupun dengan atasan mengenai ini misal berkomitmen untuk standby dan bekerja antara pukul 07.00 hingga pukul 17.00 kemudian apabila dibutuhkan extra-time diatur hingga jam 19.00. Diskusi mengenai pekerjaan dapat dilakukan lebih dari jam tersebut jika urgent saja dan catat kelebihan-kelebihan jam tersebut kemudian evaluasi disetiap bulan dan diskusikan dengan tim dan atasan.

3. Berkomunikasi Dengan Anggota Tim Adalah Kunci Sukses Dalam Work Fun Home

Menjaga berkomunikasi dengan anggota tim tetap berjalan lancar pada kondisi WFH sangat dibutuhkan terlebih kita tidak bertemu secara fisik. Pastikan teknologi pendukung ini seperti MSTeams, email, VPN serta sharing folder sudah terinstall dan dapat anda gunakan sehingga komunikasi dan pertukaran data dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

4. Ciptakan Area Kerja dan Lingkungan Bekerja Dirumah yang Nyaman. 

Pisahkan area kerja kita dengan area kerja pasangan atau area bermain anak. Buat area kerja kita senyaman mungkin sesuai dengan gaya kerja kita. Sekedar tips hindari menggunakan kamar tidur untuk area bekerja karena kamar tidur adalah tempat anda atau pasangan beristirahat atau bersantai bukan tempat anda bekerja sehari-hari ini bisa menjadi awal perselisihan dalam rumah tangga. Anda bisa menggunakan area ruang tamu ataupun ruang keluarga atau bahkan teras rumah yang nyaman dalam bekerja dan setelah selesai bekerja selalu biasakan membereskan area kerja tersebut seperti anda membereskan area kerja anda dikantor apabila telah selesai bekerja, ini bagus untuk mood anda.

5. Buat Kesepakatan dengan Orang-Orang yang Berada di Rumah Terutama Ketika Harus Melakukan Meeting Online atau Harus Mengejar Deadline. 

Sebelum Work From Home menjadi tren, kita mungkin membayangkan bahwa bekerja dirumah itu sangat nyaman dan menyenangkan, namun kenyataan ketika sudah dijalani ada saja hambatan dan gangguan yang terjadi seperti suara bising dari anak-anak atau pasangan/orang yang tinggal bersama kita menerima telefon dengan suara keras atau bahkan saat melakukan video call ada tindakan-tindakan yang mencuri perhatian rekan video call kita dari orang yang tinggal serumah dengan kita. Untuk menghindari hal-hal tersebut maka perlu dibuat aturan dasar dirumah yang disepakati bersama sehingga jika anda melakukan panggilan video maka orang yang berada dirumah tidak boleh melakukan sesuatu yang dapat menggangu kegiatan tersebut, setelah itu informasikan rencana kegiatan kita pada hari tersebut kepada orang-orang yang serumah dengan kita sehingga mereka dapat mengantisipasi lebih awal apabila ada hal-hal yang memerlukan kehadiran kita.

6. Rencanakan Kegiatan Harian dan Mingguan Anda.

Sebisa mungkin atur meeting online anda menjadi lebih ringkas tapi padat, serta beri jeda untuk beristirahat minimal 15 menit antar meeting karena bagi sebagian orang yang memiliki masalah dengan radiasi komputer maka sakit kepala dapat menyerang dan jika ini terjadi maka habislah hari ini bagi anda. Untuk itu rencanakan kegiatan anda setiap hari dan beberapa waktu kedepan dengan bijak. Perencanaan yang bijak adalah kunci keberhasilan produktifitas anda dan tim anda. Berikut tips dalam melakukan perencanaan kerja :

  1. Buat prioritas untuk anda dan tim anda.

  2. Mulai lakukan pekerjaan yang berat pada saat anda memiliki energi yang besar.

  3. Hargai diri anda apabila telah menyelesaikan pekerjaan dengan mengambil waktu istirahat atau melakukan yang anda sukai untuk sejenak.

7. Ambil Waktu Istirahat Untuk Mengembalikan Mood dan Semangat. 

Menjauh sebentar dari layar komputer/laptop untuk meeting atau menunda melakukan panggilan telefon sejenak untuk mengembalikan mental dan fisik anda ke dalam keadaan yang baik merupakan suatu hal yang sangat penting. Lakukan aktifitas lain dalam jeda waktu tersebut seperti melakukan yoga, solat dhuha (bagi muslim), peregangan otot, makan makanan ringan yang menyehatkan seperti buah, dsb. Anda dapat juga melakukan perbincangan singkat dengan orang-orang yang berada di rumah atau mungkin memberi makan ikan anda sehingga mood anda akan bagus untuk kembali bekerja.

8. Perhatikan Apa Yang Anda Kenakan Saat Bekerja Dirumah.

Permasalahan pakaian atau outfit yang dikenakan pada saat anda bekerja di rumah bagi sebagian orang sangatlah penting terutama untuk menstimulus otak kita bahwa saat ini kita sedang melakukan sebuah pekerjaan dan bukan sedang bersantai sehingga energi kita dalam bekerja bisa lebih optimal. Sering kita mendapati bahwa pada saat rapat-rapat tertentu diwajibkan untuk melakukan video call namun sering kali beberapa pekerja tidak siap untuk menyalakan kamera mereka, tentunya ini mungkin akan berkesan kurang baik untuk lawan bicara kita apalagi lawan bicara kita adalah penentu kebijakan. Untuk menghindari hal ini maka perlu diketahui diawal apakah pada saat meeting akan diminta mengaktifkan kamera atau tidak. Tipsnya adalah selalu sediakan jaket atau jilbab (bagi muslimah) atau apapun yang dapat mudah dikenakan jika terpaksa diminta mengaktifkan kamera.

9. Kembangkan Diri dan Cari Inspirasi Baru dengan Mengikuti Webinar atau Training Online. 

Apakah anda merasakan menurun semangat dalam bekerja atau bahkan target anda sering tidak tercapai dalam pekerjaan? Ini sebuah pertanda mungkin anda mulai bosan melakukan rutinitas sehari-hari. Menjauhlah sejenak dari rutinitas harian anda, ambilah training online, ikutilah webinar yang diadakan oleh perusahaan atau lembaga lain. Pertagas Niaga secara rutin mengadakan webinar bulanan lho, selain tentunya webinar dari Pertamina, Pertagas maupun PGN dengan tema dan judul yang menarik dan sesuai dengan minat kita. Pertagas Niaga juga sudah bekerjasama dengan Pertamina Corporate University (PCU) untuk mengadakan pelatihan online bersertifikat melalui aplikasi ruangkerja. Di aplikasi ruangkerja banyak kursus online yang bisa diambil, mulai dari yang berkaitan dengan kompetensi pekerjaan atau bahwa ada yang berkaitan dengan hobi seperti bagaimana bercocok tanam atau bagaimana panduan investasi saham, dll. Apakah anda sudah mencoba? Cobain deh kalo ada kesulitan akses hubungin aja member HR PTGN yang kece badai mereka akan dengan senang hati membantu anda untuk bisa akses aplikasi ruangkerja dari smartphone maupun laptop kamu.

10. Clear Place.. Clear Mind.

"When your environment is clean, you feel happy, motived and clean".

Lailah Gifty Akita, Founder Smart Youth Volunteers Foundation

Bekerja di rumah maka anda tidak akan menemukan petugas cleaning service untuk merapikan meja kerja atau area kerja anda kalau pun ada orang yang membereskan meja kerja anda maka pastikan tidak ada barang atau kertas kerja anda yang dibuang. Membersihan area kerja membantu anda untuk tetap fokus, menjaga motivasi kerja, organized dan produktif jadi pastikan anda memiliki waktu untuk membersihkan area kerja anda baik harian atau mingguan.

Semoga 10 tips tersebut dapat menjadikan Work From Home anda menjadi Work Fun Home dan marilah sama-sama berdoa agar pandemi ini segera selesai sehingga kebersamaan perwira Pertagas Niaga bukan hanya sekedar virtual namun juga dapat bertemu secara fisik. Sejujurnya tulisan ini terinspirasi dari curhatan para perwira Pertagas Niaga selama melakukan Work From Home dan semoga tips ini dapat bermanfaat juga untuk perwira semua.

Salam sehat dan bahagia..

 

 

Sumber :
https://liputan6.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Koronavirus
https://www.summit.co.uk